Selasa, 27 September 2011

Berpikir Positif, Penerimaan Diri, dan Humor Atasi Kegagalan

Apakah Anda pernah mengalami kegagalan dalam hidup atau apa yang telah anda capai belum memuaskan? Penelitian baru dari University of Kent telah mengungkapkan bahwa berpikir positif, penerimaan diri, dan humor adalah strategi penanggulangan yang paling efektif bagi Anda yang berurusan dengan kegagalan.
Dalam sebuah makalah yang diterbitkan oleh international journal Anxiety, Stress & Coping, Dr Joachim Stoeber dan Dr Dirk Janssen dari University School of Psychology mengatakan bahwa ada tiga strategi untuk menangani kegagalan dan membantu orang untuk menjaga semangat mereka.
Beberapa strategi yang dilakukan banyak orang untuk mengatasi kegagalan meliputi: mencari dukungan emosional, pengingkaran, penggunaan narkoba, menyalahkan diri sendiri, dan melepaskan diri dari masalah.
Penelitian ini menunjukkan, mereka yang biasanya mengatasi kegagalan dengan mencaridukungan emosional, penggunaan narkoba, penolakan atas kenyataan,menyalahkan diri sendiri, dan melepaskan diri dari masalah, memiliki dampak negatif dan kurang memuaskan.
Sebaliknya, berpikir positif(mencoba untuk melihat sesuatu lebih positif, mencari sesuatu yang baiktentang apa yang terjadi), penerimaan diri dan humor, memiliki dampak yang lebih positif dan lebih memuaskan.
Dr Stoeber, otoritas terkemuka perfectionism , motivation, and performance , percaya bahwa temuan penelitian ini akan menarik perhatian siapa saja yang bekerja dalam bidang penanganan stres. Berpikirpositif sangat membantu bagi mereka yang gagal, dibandingkan dengan mereka yang mencari perhatian emosional dari orang lain dan cenderung tidak puas melihat apa yang mereka telah capai.
Fokus pada apa yang telah Anda capai, bukan pada apa yang belum tercapai. Tidak ada gunanya merenungkan kegagalan. Sebaliknya, akan lebih bermanfaat untuk mencoba menerima apa yang telah terjadi, mencari aspek-aspek positif, dan humor di dalamnya. Semoga berhasil!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar