Selasa, 27 September 2011

Mengapa Beberapa Orang Lebih Mudah Marah dari Pada Lainnya?

Menurut Jerry Deffenbacher, PhD, seorang psikolog yang mengkhususkan diri dalam manajemen kemarahan, beberapa orangmemang lebih “pemarah” daripada orang lain, mereka lebih mudah dan lebih kuat dalam meledakkan emosi marah daripada kebanyakan orang. Ada juga yang tidak menunjukkan kemarahan mereka dengan keras, tetapimudah tersinggung dan menjadi kronis.
Orang yang mudah marah umumnya memiliki tingkat toleransi yang rendah terhadap frustrasi, yang berarti mereka tidak menerima adanya ketidaknyamanan, atau segala sesuatu yang membuat mereka jengkel. Mereka tidak dapat menerima sesuatu dengan tenang dan mereka sangat marah jika situasi yang tidak adil menimpa mereka. Misalnya, mereka mendapatkan koreksi hanya untuk sebuah kesalahan kecil.
Apa yang membuat orang-orang mudah marah? Salah satu penyebab yang dapat dikaitkan adalah faktor genetik atau fisiologis. Ada bukti bahwabeberapa anak dilahirkan memang memiliki kecenderungan mudah marah, mudah tersinggung. Bahkan tanda-tanda yang ada, sudah dimiliki sejak usia dini.
Faktor lainnya adalah sosiokultural. Kemarahan sering dianggap sebagai negatif, kita mungkin diajarkan untuk mengekspresikan kecemasan, depresi, atau emosi lain, tetapi tidak untuk mengekspresikan kemarahan. Akibatnya, kita tidak belajar bagaimana untuk menanganinya atau menyalurkannya secara konstruktif.
Penelitian juga menemukan bahwa latar belakang keluarga memainkan peran juga dalam hal ini. Biasanya, orang-orang yang mudah marah berasal dari keluarga yang kacau dan tidak terampil dalam komunikasi emosional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar