Selasa, 27 September 2011

Ternyata, Olahraga Bermanfaat Mengurangi Agresi

Kita tahu bahwa pendidikan jasmani mengajarkan anak-anak tentang kebugaran dan mendorong mereka untuk menjalani gaya hidup sehat. Tahukah anda, bahwa olahraga bukan hanya penting bagi kesehatan tubuh. Penelitian terkait hal ini dikeluarkan oleh Tel Aviv University, dimana mereka berhasil menemukan adanya keterkaitan antaraolahraga dengan faktor kognitif, emosi dan perilaku anak.
Keren Shahar, Ph.D. dari TelAviv University dikutip dari Science Daily, mengatakan olahraga dapat membantu meningkatkan kontrol diridan disiplin untuk menurunkan perasaan agresi pada anak.
Penelitian ini telah dipresentasikan di TAU’s Renata Adler Memorial Research Center for Child Welfare dan Protection Conference.
Shahar memulai penemuan ini dari pertanyaan, apakah olahraga memiliki dampak positif pada anak-anak dalam menurunkan agresi mereka, dan bagaimana hal ini dapat dicapai.
Cara ini lebih efektif dari pada menasehati mereka, mengapa? Karena menasehati terbukti tidak bisa mengurangi emosi negatif yang berakibat gagalnya kontrol diri. Olahraga merupakan carayang tepat untuk mengurangi perilaku agresif yang dapat memadamkan emosi negatif seseorang.
Dalam 25 sekolah di seluruh Israel, Shahar danrekan-rekan peneliti menganalisis selama 24 minggu. Setengah peserta yang terdiri dari kelompok kontrol tidak menerima program olahraga, dan setengah lainnya diperkenalkan berbagai macam gerakan olahraga selama lima jam seminggu.
Setelah 24 minggu pemrograman, Shahar membandingkan hasil kuesioner sebelum dan sesudah pemberian program. Kesimpulan mengatakan bahwa merekayang berolahraga memiliki kontrol diri terhadap agresi, seperti pengamatan diri, kemampuan memecahkan masalah, dan menunda pekerjaan.
Kuncinya adalah untuk memperkenalkan anak-anak untuk melalukan sesuatu yang mereka suka. Sebuah hubungan yang kuat dengan kegiatan apapun, memberikan anak adanya tujuan dan mengurangi kemungkinan mereka bermasalah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar