Selasa, 03 Mei 2011

Beberapa jenis ilmu psikologi & kegunaannya

Seperti telah kita ketahui bahwa psikologi berasal dari bahasa Yunani Kuno: Psyche = jiwa dan logia = ilmu, terdiri dari beberapa jenis dan memiliki arti fungsi.
Dan dibawah ini merupakan catatan ringan tentang hal tersebut.
1. Psikologi umum
Psikologi umum adalah ilmu jiwa yang mempelajari gejala kejiwaan manusia dewasa yang normal dan beradab.
2. Psikologi khusus
Psikologi khusus adalah ilmu jiwa yang mempelajari sifat-sifat khusus dari gejala-gejala kejiwaanmanusia. Yaitu : menyelidiki sifat-sifat khusus yang berbeda pada manusia, seperti berbeda umur, kelamin, kelamin hidup dan lain—lain.
Psikologi khusus di bagi menjadi beberapa bagian di antaranya ;
A.) Psikologi perkembangan
Atau sering disebut psikologi genetis yang mempelajari tentang psyche jiwa dan perkembangan kehidupan psikis manusia normal yang dilakukan dengan dua cara yaitu ;
1. Perkembangan dari kehidupan individual termasuk didalamnya ialah : Psikologi bayi, psikologi anak , psikologi anak usia belajar, psikologi puber, psikologi remaja dan adolesens, psikologi lansia atau geronthologi.
2. Perkembangan manusia pada umumnya yaitu : disamping mempelajari psikologi kelompok-kelompok manusia budaya pada umumnya juga meneliti kelompok-kelompok manusia / bangsa-bangsa primitif.
B.) Psikologi Abnormal
Psikologi dari kelompok-kelompok manusia yang tidak normal. Ada beberapa bagian di antaranya ;
1. Psikologi Kriminal
Yaitu psikologi yang mempelajari tingkah laku menyeleweng dari norma-norma umum serta hokum, dan melakukan tindak criminal
2. Psikopatologi
Yaitu psikologi yang mempelajari gejala kejiwaan yang sakit dan pola tingkah laku yang menyimpang dari pola-pola normal sebagai akibat dari faktor-faktor keturunan atau hereditas.
3. Patologi social
Yaitu cabang psikologi yang mempelajari gangguan-gangguan kejiwaan dan tingkah laku yang menyimpang, sebagai akibat dari factor-faktor milieu lingkungan social dan sosio budaya.
C.) Psikologi Kelompok
Di bagi menjadi beberapa bagian sebagai berikut ;
1. Psikologi yang mempelajari kelompok-kelompok social tertentu
2. Psikologi yang mempelajari kelompok-kelompok biologis.
3. Psikologi yang mempelajri kelompok-kelompok historis dan ethnologis.
D.) Psikologi watak dan type-type
Termasuk didalamnya ialah ; mempelajari temperamen , karakterologi (ilmu watak) dan teori kepribadian.
E.) Psikologi kelompok dalam situasi khusus
Dalam hal ini di titik beratkan factor manusia dalam relasinya dengan satu lingkungan dan kondisi khusus. Psikologi kelompok ini kemudian berkembang menjadi psikologi social, yaitu psikologi yang mempelajari tingkah laku manusia sebagai bagian daripada lingkungan masyarakat atau kelom[pok social tertentu.
F.) Parapsikologi
(Para : samping , dekat melampaui) yaitu psikologi yang mempelajari gejala-gejala kejiwaan yang ada di luar bidang psikologi biasa, psikologi ini mem[pelajari gejala-gejala kejiwaan terlepas dari gejala badaniah.
Contoh obyek dari parapsikologi ialah ;
- Telepati
- Hipnotis
- Telekinese
- Clairvoyance
- Dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar