Senin, 02 Mei 2011

Keburukan Pemerintahan Tidak Bisa Dihilangkan

Kita semua tahu berbagai macam kasus di negara ini, mulai dari korupsi, sampai melakukan manipulasi terhadap hukum di negara ini. Ketika semua kasus tersebut diusut dalam sebuah hukum pengadilan dan politik, dengan sangat sistematis semua kasus yang menyangkut orang-orang pemerintahan bisa dibelokkandan bahkan dihilangkan.
Mengapa itu bisa terjadi? Kebanyakan orang justru takut atas hukum yang akan dikenakan pada dirinya, sehingga mereka akan berusaha untuk mempertahankan posisinya saat ini.Selama mereka memiliki posisi dengan kekuatan jabatan, maka selama itulah mereka mempunyai kesempatan untuk membelokkan dan juga menghilangkan kesalahan selama ia menjabat.
Kita bisa ambil contoh kasus presiden Libya yang sengaja memberikan perintah penembakan pada masyarakat yang menolak ia sebagai presiden. Berdasarkan keadilan, tentu hal ini sangatlah salah dan pantas dihukum. Tetapi mengapa ia tidak bisa dan tidak mau diturunkan saat ini? Justru jika ia mundur, ia bisa saja dihukum matikarena ia telah memerintahkan pembunuhan kepada pendemo. Dengan kekuasaan jabatan yang ia pertahankan, ia mungkin bisa menghilangkan kasus kejahatannya. Kejahatan atas apa?Tentu atas pembunuhan ketika demo berlangsung. Setidaknya ia bisa memperlambat pengaduan kejahatan atas dirinya.
Kita juga bisa menganalisa beberapa kasus seperti kasus century, korupsi, pajak, dan juga PSSI. Mengapa seakan sangat sulit untuk mengusut semua kasus tersebut sampai keakar-akarnya? Sebab akar dari semua itu tidak lain adalah orang-orang pemerintah sendiri. Tidak mungkin kita bisa merubah negara ini menjadi lebih bersih jika orang-orang pemerintah sendiri menggunakan “aji mumpung”. Mumpung mereka masih punya kekuasaan, sehingga perilaku burukmereka saat menjabat bisa di belokkan dan bahkan dihilangkan. Jika mereka berhenti saat ini, maka ia tidak akan punya kekuasaan untuk menghilangkan perilaku bobrok mereka dan pasti mereka akan dihukum atas perbuatannya selama menjabat.
Salah satu cara yang mungkin bisa dilakukan adalah melakukan revolusibesar-besaran pada semua orang-orang pemerintahan saat ini dan memulainya dari awal yang bersih. Sebab kita tidak akan bisa merubah pemerintahan menjadi lebih bersih jika hanya mengganti beberapa orang saja. Satu sampai lima orang yang bersih, melawan ratusan orang yang kotor. Itu tidak mungkinterjadi di negara ini, dan selamanyakasus-kasus penting tersebut tidak akan pernah terkuak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar